Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) secara langsung serahkan 49 sertifikat tanah secara door to door.

Pekalongan, 15 Januari 2024
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyerahkan langsung 49 sertifikat tanah secara door to door melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) untuk memberikan legalitas aset tanah masyarakat dan pelaku UMKM dan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha secara gratis, salah satunya kepada puluhan perwakilan warga Gang Piala, Kelurahan Krapyak dan warga Kampung Bugisan, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.
Turut hadir mendampingi Kepala Kantor BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama, Kepala BPN Kota Pekalongan, Vevin Syoviawati Ardiwijaya, Asisten Pemerintan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Pekalongan, Soesilo, Kepala Dinperkim, Andrianto, Camat Pekalongan Utara, Wismo Aditiyo, Lurah Krapyak, Banar Budi Raharjo, dan jajaran Forkopimda lainnya
Pada kesempatan tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN juga melakukan dialog secara langsung dengan perwakilan warga yang berkumpul di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan program PTSL berjalan dengan baik tanpa adanya pungutan liar (pungli). Salah satu penerima sertifikat hak atas tanah (SHAT), warga Gang Piala RT 03 RW 01 Kelurahan Krapyak, mengaku bahwa jalannya program sertifikasi lintas sektor ini tak menemukan kendala. Ia merupakan pelaku UMKM perabot menilai proses pengajuannya pun mudah dan tidak dipungut biaya (gratis) "Kemarin awalnya ketika ada program ini tahu infonya dari kelurahan setempat, kemudian kami menyiapkan berkas dan rutin mengikuti rapat dan pertemuan dengan instansi terkait, kemudian sertifikat ini bisa diterbitkan. Alhamdulillah prosesnya mudah dan tidak ada biayanya
Kepala BPN Kota Pekalongan, Vevin Syoviawati Ardiwijaya menjelaskan bahwa, sebetulnya untuk Program sertifikat PTSL di Kota Pekalongan ini sudah diserahkan sejak Desember 2023 lalu. Dimana, dari total 287 sertifikat, kali ini yang diserahkan langsung oleh Menteri ATR/BPN RI ini merupakan sertifikat lintas sektor bagi 49 orang perwakilan warga Kota Pekalongan, terdiri dari 20 warga relokasi Kampung Bugisan, Panjang Wetan dan 29 pelaku UMKM di Gang Piala Kelurahan Krapyak.